EkonomiHeadlinesMedan

Mega Mustika Berliani, Jatuh Bangun Merintis Usaha Demi Biayai Kuliah

56 Views

Medanesia.com – Sikap pantang menyerah dan pekerja keras, itulah karakter yang harus dimiliki seorang wirausaha, seperti halnya bagi Mega Mustika Berliani, mahasiswi semester 8 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, yang berhasil membangun bisnis salon dan makeup artis dari nol.

Berawal dari semangatnya yang ingin mandiri dan tidak ingin memberatkan orangtua, Mega mulai membagi waktu di sela – sela aktifitasnya sebagai mahasiswa dengan memulai usaha salon di Jl. Klumpang Raya Pasar 3 pada tahun 2015 berbekal tabungan pribadinya. Namun sayang, baru satu tahun menjalankan usahanya, Mega mengalami musibah karena salonnya terpaksa tutup akibat kemalingan.

Namun, sebagai seorang pengusaha, menyerah bukanlah jawaban atas kondisi yang dihadapinya saat itu. Anak dari pasangan Sugiarto dan Supinatun ini memutuskan untuk melanjutkan usaha makeup artis milik saudari kandungnya di tahun 2017.

Dalam kondisi serba terbatas, Mega mulai memperkenalkan usahanya melalui kawan ke kawan. Sembari merintis usaha, Mega juga terus mengasah kemampuan dan skill nya dengan cara mengikuti berbagai kelas makeup artis dan kecantikan. Lalu di tahun 2018, dara cantik kelahiran Medan, 19 September 1997 ini terus mengembangkan sayap bisnisnya di bidang Dekorasi Pernikahan.

Jasa paket makeup artis dan dekorasi pernikahan yang ditawarkannya pun tergolong masih sangat terjangkau, yakni berkisar antara 3 – 25 juta rupiah.

“Harga murah bukan berarti hasil yang kita berikan murahan bukan?, lagian saya dibisnis ini tidak terlalu focus pada profit yang sangat besar. Saya mengganggap ini sebagai sebuah sarana tempat berkreasi saya dan bentuk karya saya” ujar Mega penuh semangat.

Selain sukses membangun usaha, Mega juga tergolong mahasiswa berprestasi di kampusnya. Meski sibuk berbisnis, nyatanya Mega mampu meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang terbilang cukup tinggi yakni 3.53.

Tak hanya itu, mahasiswi berhijab ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai Duta Wirausaha Putri USU 2018 yang diselenggarakan oleh Student Enterpreneurship Center (SEC) USU pada 29 November 2018 lalu. Selain itu, Mega juga berhasil memperoleh 1st Winner Of Scrabble Competition dan 1st Winner Best Stand Expo, yang penilaiannya sendiri berdasarkan pada seberapa besar keberhasilan usaha yang dijalankannya dan seberapa besar omset yang diperoleh.

Sebagai seorang wirausaha muda, dirinya tentu tidak menyangka bisa memenangkan berbagai prestasi tersebut. Terlebih lagi, Mega harus bersaing dengan 50 mahasiswa lainnya yang juga berhasil membangun bisnisnya, dan tentu saja itu bukan lawan yang mudah.

“Saya tidak menyangka dapat meraih penghargaan sebagai Duta Wirausaha Putri USU 2018, karena saya melihat para nominasi yang ikut pemilihan tersebut juga sangat berpotensi menang dengan peserta yang juga tidak berasal darri starta 1 saja tetapi juga ada dari strata 2 juga yang punya peluang bisnis besar juga” jelas Mega.

“Saya juga berterimakasih kepada mama karena selalu mensupport saya dan menemani saya saat perlombaan” lanjutnya. (FI)