HeadlinesMedan

Bayi Kembar Siam, Adam dan Malik Berhasil Jalani Operasi Pemisahan

280 Views

Medanesia.com (Medan) – Setelah menjalani perawatan selama kurang lebih 7 bulan, bayi kembar siam bernama Adam dan Malik akhirnya berhasil menjalani operasi pemisahan di RSUP Adam Malik, Medan, pada Selasa (23/07/2019) sekitar pukul 11.52 WIB.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Adam Malik, Zainal Safri, mengungkapkan bahwa proses operasi yang melibatkan 30 orang tenaga medis ini berlangsung dengan baik dan lancar tanpa ada kendala. Terlebih lagi, tim medis yang menangani kedua bayi tersebut didukung peralatan yang cukup lengkap. Selama kurang lebih empat jam, tim berhasil memisahkan bagian tubuh yang dempet, yakni perut bagian atas sepanjang 4,2 cm dan organ dalam hati yang menempel.

“Seterusnya Adam dan Malik masih akan menjalani perawatan hingga diperbolehkan pulang,” kata Zainal di RSUP Adam Malik, Jalan Bungalaw, Medan, Selasa (23/07/2019).

Salah satu tim dokter, dr Erjan Fikri, mengatakan bahwa salah satu potensi masalah yang mungkin muncul selama proses operasi yaitu kondisi pembuluh darah yang menyeberang dari Adam ke Malik. Tim lantas memeriksa secara teliti dan merancang skenario operasi serapi mungkin untuk mencegah terjadinya pendarahan.

“Yang agak menjadi tantangan kemarin adanya pembuluh darah yang menyilang antara bayi yang satu dengan bayi dua. Kalau menurut deteksi dokter radiologi, di dalam hatinya menyilang, dan ditafsirkan sebagai vena porta,” ujar Erjan.

Vena Porta merupakan pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah dari organ sistem pencernaan ke hati. Bagian inilah yang menjadi tantangan terbesar tim medis selama proses operasi berlangsung.

“Kalau bayi normal, dari pusat ke arah hati itu namanya arteri umbilikalis. Kalau teman-teman dokter anak kesulitan memasukkan cairan atau infus untuk bayi-bayi yang dehidrasi itu bisa melalui pusatnya. Itu arteri umbilikalis, lumayan besar dan cukup menopang kehidupan kalau memang itu dehidrasi. Itulah yang kami temukan tadi, kami ligasi, kami ikat kiri dan kanan, baru kami putus. Pendarahan dapat diatasi,” kata Erjan.

Setelah berhasil menjalani operasi, bayi kembar siam yang lahir pada 22 November 2018 di RSU Dr Fl Tobing di Kota Sibolga tersebut nantinya akan menjalani perawatan hingga nantinya diperbolehkan pulang. Ayah Adam dan Malik, Juliadi Silitonga (29) merasa sangat bahagia melihat kedua anaknya berhasil dioperasi. Bersamanya istrinya, Noorida Sihombing, Juliadi sudah tidak sabar ingin membawa pulang kedua anaknya ke kampung halaman mereka, yakni di Desa Manalu Purba, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut.

“Saya semangat luar biasa. Kalau sudah dikasih izin oleh Rumah Sakit Adam Malik ini, aku bawa ke kampung,” ujarnya. (FI)