DaerahHeadlinesSosial Budaya

Jokowi Inginkan Kawasan Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Berkelas

211 Views

Medanesia.com (Sumut) – Presiden RI Joko Widodo mengaku sangat kagum pada potensi pariwisata di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Dalam kunjungannya sejak kemarin sore (29/07/2019) hingga hari ini, Jokowi sudah mengelilingi beberapa kawasan wisata di sekitaran Danau Toba. Rencananya, Presiden dan rombongannya akan mengakhiri kunjungannya besok (31/07/2019).

“Kemarin sore di Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kabupaten Humbang Hasundutan — sekitar 17 kilometer dari Bandara Silangit. Area seluas kira-kira empat hektare ini adalah taman konservasi yang di dalamnya ada hutan pinus. Yang istimewa, letaknya di pinggir Danau Toba” tulis Jokowi melalui akun Instagram pribadinya @jokowi.

Tidak hanya keindahan Danau Toba-nya saja, selama perjalanannya di kawasan wisata kebanggaan masyarakat Sumut ini, Jokowi menemukan beragam keindahan alam dan budaya di kawasan Danau Toba, diantaranya yaitu kawasan hutan pinus yang indah, perbukitan, air terjun, wisata religius, situs – situs bersejarah hingga kerajinan tangan buatan masyarakat setempat yang kaya akan nilai – nilai budaya.

“Dari Sipinsur Geosite, kita leluasa memandang keluasan Danau Toba sampai ke wilayah lima kabupaten yang mengitarinya” ungkapnya kagum.

“Bayangkan, ada 28 lokasi seperti ini di sekitar Danau Toba dengan keunggulan masing-masing, baik dari sisi sejarah, budaya, air, alam, dan lain-lain” lanjutnya penuh rasa takjub.

Melihat potensinya yang sangat besar, Presiden Jokowi sangat menginginkan agar nantinya kawasan wisata Danau Toba ini dikembangkan dan ditata lebih baik lagi agar kelak menjadi salah satu destinasi wisata berkelas di Indonesia.

“Itulah sebabnya, saya ingin kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas” tulisnya.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, pemerintah nantinya akan memprioritaskan investasi di kawasan tersebut, salah satunya melalui APBN.

“Tentu saja, pengembangan dan penataan kawasan Danau Toba ini membutuhkan investasi dan anggaran dari APBN yang besar. Insya Allah, kita mulai kerjakan tahun ini” tutupnya. (FI)