HeadlinesMedanPilkada 2020Politik

Dzulmi Eldin Memastikan Dirinya Tak Maju Pilkada Walikota Medan 2020

252 Views

Medanesia.com (Medan) – Walikota Medan petahana, Drs. H.T. Dzulmi Eldin, M.Si, MH, memastikan dirinya tidak akan mencalonkan diri kembali pada Pilkada Walikota Medan 2020. Keputusan mengejutkan tersebut disampaikannya langsung saat menghadiri Festival Pesona Lokal yang diadakan oleh Adira Finance, di Lapangan Merdeka, Medan, pada Sabtu (03/08/2019).

“Saya sudah berketetapan hati untuk tidak (maju pilkada). Cukuplah,” ujar Dzulmi Eldin.

Padahal menurut undang – undang yang berlaku, Dzulmi Eldin masih punya kesempatan satu kali lagi untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Medan pada Pilkada 2020. Namun, dirinya lebih memilih untuk mundur dari pencalonan dan memberikan kesempatan kepada para generasi muda yang lebih layak untuk memimpin Kota Medan lima tahun kedepan.

“Kita dorong anak-anak muda, generasi muda kita. Harapan kita lebih baik lagi, tentunya bagi generasi muda, orang-orang yang bisa berbuat lebih dari saya, tentunya itu yang saya harapkan yang bisa menjadikan perubahan – perubahan fundamental di Kota Medan ini,” terangnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera menyampaikan keputusannya kepada partai – partai koalisi yang dulu mendukungnya pada Pilkada 2015 lalu.

“Berbuat bisa di mana saja, ditempat lain. Kalau ada yang menginginkan pak Akhyar yang menggantikan, saya menyerahkan ke masyarakat dan partai,” ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution belum memberikan sinyal bahwa dirinya akan maju pada Pilkada Walikota Medan 2020 kedepan. Dirinya mengaku masih fokus membenahi berbagai masalah di Kota Medan bersama Walikota.

“Sabar dulu. Saya belum mau berbicara banyak tentang pemilihan Walikota Medan, saat ini kami bekerja untuk menyelesaikan apa-apa yang belum tercapai,” ujar Akhyar.

Akhyar menjelaskan bahwa perihal apakah nanti dirinya maju atau tidak pada Pilkada 2020 mendatang, pihaknya tetap akan menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada partai.

“Sebagai orang partai saya menunggu dari PDIP terkait pencalonan saya ke depan,” katanya. (FI)