HeadlinesMedan

Polisi Berhasil Menangkap 4 Pelaku Begal di Medan, 2 Diantaranya Tewas

204 Views

Medanesia.com (Medan) – Tim Gabungan Satreskrim Polrestabes Medan dan Pegasus Polsek Medan Baru berhasil menangkap empat orang pelaku begal, dua diantaranya tewas ditembak karena berusaha menyerang petugas saat hendak ditangkap.

Keempat pelaku tersebut diantaranya Tengku Aditya Hidayat (20), Muhammad Febrian (24), keduanya mengalami luka tembak di bagian kaki. Kemudian dua pelaku lainnya, yakni Guntur Syahputra (29) dan Leo Halawa (25), tewas ditembak ketika berusaha menyerang petugas saat ditangkap.

“Dalam pengungkapan ini ada empat pelaku, dua diantaranya diberi tindakan tegas terukur (tembak mati), dua lagi kami tembak di masing – masing kakinya,” ujar Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, dalam konferensi pers yang digelar di RS. Bhayangkara, Jl. Wahid Hasyim, Medan, pada Rabu (21/08/2019).

Dalam menjalankan aksinya, komplotan begal ini tak segan – segan melukai korbannya dengan senjata tajam dan diduga juga senjata api. Biasanya, mereka menyerang tangan korbannya hingga terluka parah, saat kondisi korban sudah lemah, mereka lalu merampas sepeda motor milik korban.

“Modus yang dilakukan yakni melukai lengan kanan korban. Sasarannya lengan kanan, saat dilukai korban akan tidak seimbang baru kendaraan diambil,” ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, dalam kesempatan yang sama.

Berdasarkan press release yang kami terima saat jumpa pers, komplotan begal ini biasanya beraksi di 8 lokasi berbeda, yaitu Jl. KH. Wahid Hasyim Kec. Medan Baru, Jl. DC. Barito Kec. Medan Polonia, Jl. Ir. Juanda Kec. Medan Polonia (depan RS TNI AU Abdul Malik), Jl. Dr. Mansyur Kec. Medan Baru (depan FK USU), Jl. Imam Bonjol Kec. Medan Polonia (depan Bank Sumut), Jl. Hasanuddin Kec. Medan Baru, Jl. Mongonsidi Medan, dan Jl. Pattimura Kec. Medan Baru (depan kantor BPJS).

Dari hasil penangkapan, petugas kepolisian berhasil mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya 2 unit sepeda motor, 4 buah senjata tajam berbeda jenis, sebuah helm dan topi. Saat penangkapan berlangsung, salah seorang petugas kepolisian mengalami luka robek di bagian lengan tangan kiri dan sempat ditendang hingga terjatuh oleh pelaku yang berusaha merampas senjata api milik petugas tersebut. (FI)