DaerahHeadlines

Aksi Pungli Kian Merajalela di Tanjungmorawa, Aparat Diminta Bertindak

169 Views

Medanesia.com (Tanjungmorawa) – Aksi pungutan liar (pungli) kian meresahkan para supir truk yang kerap melintasi jalan di Tanjungmorawa, Kab. Deliserdang, Sumatera Utara. Salah seorang supir truk, melalui akun Facebook Engla Kevin Kurnia, merekam aksi tersebut dalam bentuk postingan video hingga akhirnya menjadi viral.

Dalam postingannya yang sudah ditonton ratusan ribu kali dan dibagikan hingga 2.105 kali itu, Engla meminta kepada pemerintah dan aparat keamanan untuk segera menindak para pelaku pungli tersebut demi menjamin kenyamanan para supir.

“Pungli merajalela di tanjung morawa..
Tolong kepada bapak” petugas/aparat hukum ditindak..
Kami sebagai sopir merasa sangat resah..” tulis Engla melalui postingan Facebook, pada Selasa (20/08/2019).

Dalam video tersebut, Engla bersama temannya juga menunjukkan beberapa lembar kuitansi kosong berstempel PS (Pemuda Setempat). Terlihat di video berdurasi 10 menit itu, ada kira – kira tujuh kali pemungutan liar dengan nilai mulai dari 10 ribu hingga 50 ribu rupiah. Alasannya pun beragam, ada yang beralasan untuk menyiram jalan hingga masalah keamanan.

Menurut keterangan yang kami dapatkan di video, lokasi pungli terjadi di Jl. Sei Belumai, Dusun I Tanjungmorawa A. Engla dalam video tersebut mengeluhkan telah menghabiskan uang sebanyak 100 ribu rupiah saat melintasi wilayah tersebut.

“Menempuh jalan 1 KM harus menghabiskan duit 100 ribu lebih. Lokasinya di Dusun I Tanjungmorawa A ya” keluh Engla.

Patut diketahui, aksi pungli di kawasan tersebut memang sudah lama dikeluhkan oleh masyarakat dan para supir truk. Menurut keterangan warga sekitar, aksi tersebut memang tidak ada menertibkan dan tidak diketahui jelas, kemana uang itu digunakan oleh para pelaku pungli. (FI)

CEK VIDEO LENGKAPNYA DI IGTV @medanesia_com