HeadlinesPolitik

Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibukota Baru Siang Ini

77 Views

Medanesia.com (Jakarta) – Presiden Joko Widodo, rencananya akan menggelar konferensi pers siang ini (26/08/2019) dalam rangka mengumumkan lokasi Ibukota RI yang baru. Informasi ini didapatkan melalui video yang baru saja diunggah oleh akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, yang berjudul “Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibukota Baru”.

Dalam video itu dijelaskan, bahwa pengumuman ibukota baru nantinya akan disiarkan secara langsung hari ini melalui akun tersebut.

“Presiden Joko Widodo akan melakukan konferensi pers terkait pemindahan ibukota negara di Istana Negara, Senin 26 Agustus 2018 pada pukul 13.00 WIB,” demikian isi deskripsi video tersebut.

Seperti diketahui, Kalimantan merupakan lokasi yang sudah dipastikan akan menjadi ibukota baru kedepan. Hal itu sebelumnya sudah diumumkan oleh Presiden RI dalam Sidang Bersama DPD – DPR RI yang diadakan pada 16 Agustus 2019 lalu. Meski sudah meminta izin kepada DPD – DPR RI untuk memindahkan ibukota ke Kalimantan, akan tetapi Presiden saat itu belum memastikan dimana detil lokasi di Pulau Kalimantan yang akan dijadikan ibukota.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibukota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi saat itu.

Hingga akhirnya, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) akhirnya menyatakan telah menyelesaikan seluruh kajian terkait pemindahan ibukota ke Kalimantan. Kajian itu kemudian diserahkan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Presiden Jokowi, pada Jumat (23/08/2019) sore. Melalui kajian itulah, kemungkinan Presiden Jokowi akan mendapatkan kesimpulan dimana lokasi ibukota baru nantinya.

“Jadi sudah kami serahkan, dan Presiden akan melihat dan me-review, dan mudah – mudahan setelah itu akan ambil keputusan,” ujar Bambang usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/08/2019).

Dipilihnya Pulau Kalimantan sebagai ibukota baru tentunya memiliki berbagai pertimbangan, diantaranya karena Kalimantan dinilai aman dari ancaman bencana gempa, serta nantinya diharapkan mampu mendorong sentralisasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya di wilayah sekitar pulau Kalimantan. (FI)