HeadlinesPolitikSosial Budaya

Gubsu Edy Rahmayadi Meluruskan Polemik Terkait Isu Wisata Halal

86 Views

Medanesia.com (Medan) – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meluruskan bahwa wacana wisata Halal di Kawasan Wisata Danau Toba yang selama ini beredar tidaklah benar alias hoaks sekaligus memuat fitnah yang sangat jelek.

“Apa pernah anda dengar saya bilang mau membuat Danau Toba syariah?” tanya Gubsu kepada wartawan terkait isu wisata halal, pada Rabu (04/09/2019), di gedung DPRD Sumut, Jl. Imam Bonjol, Medan.

“Saya meluruskan isu yang dibikin oleh media, baik itu dari medsos maupun apa ya, yang diawali dengan para wartawan, begitu itu kita tidak tahu, yang pastinya itu adalah hoaks yang sangat jelek, fitnah yang sangat jelek. Saya sebagai Gubernur Sumatera Utara, sesadar – sadarnya bahwa rakyat saya ini beragam” ujarnya.

Gubsu sendiri menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah mengatakan konsep wisata halal seperti yang diberitakan selama ini. Menurutnya, yang benar adalah kawasan wisata Danau Toba harus mempersiapkan segala kebutuhan dan fasilitas yang diperlukan untuk menarik wisatawan mancanegara yang berasal dari negara mayoritas muslim, contohnya seperti Malaysia.

“Kita pelajari gaya dan apa yang disenangi wisatawan. Itulah yang kita prioritaskan. Jadi kalau dia Malaysia, artinya mayoritas muslim, disiapkan akomodasi, disiapkan fasilitasnya, bukan disitu mau membuat wisata halal, itu salah. Itu dia yang salah,” ujar Edy Rahmayadi saat menghadiri acara pameran buku di Lanud Soewondo Polonia, Medan, pada Rabu¬† (04/09/2019).

“Disediakan fasilitas yang representatif, sehingga membuat wisatawan itu nyaman,” lanjutnya.

Perlu diketahui, sebagaimana yang dipaparkan dalam data BPS terbaru, untuk periode Januari s.d Juli 2019 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia secara keseluruhan adalah 9.312.016 orang wisatawan. Wisatawan terbanyak berasal dari Malaysia (16,19%), lalu Tiongkok (13,06%), Singapura (9,77%), Australia (9,32%) dan Timor Leste (7,32 persen). (FI)